3 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Hits

3 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Hits

Sun, 25 Nov 2018 - 05:31 PM

3 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Hits

 

Sebelumnya kita pernah membahas tempat rekreasi wisata pantai dan pulau di Banjarmasin, nah kali ini kita mau menginformasikan 3 tempat wisata di Banjarmasin yang sedang Hits, apa saja tempat wisatanya ? ini dia :

      1.      Masjid Agung Sabilal Muhtadin

Masjid Agung Sabilal Muhtadin dibangun untuk menghormati Ulama Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Masjid Agung ini sendiri terletak di pusat kota Banjarmasin, jadi Anda tidak akan kesulitan jika ingin mampir ke masjid ini.

Selain arsitekturnya yang indah, di sana juga terdapat kolam air mancur yang dikelilingi oleh tanaman dan pepohonan sebagai hiasan dan penambah keindahan. Seusai beribadah, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan diluar masjid.

 

      2.      Pulau Birahan

Letak Pulau Birahan memang sedikit jauh. Jadi, untuk sampai ke sana Anda harus menyewa kapal atau perahu dengan harga Rp 500.000,- sampai Rp 800.000,- per perahu yang bisa di isi maksimal 25 orang.

Perjalanannya dari dermaga sampai ke Pulau Birahan juga sedikit memakan waktu, kurang lebih 8 jam perjalanan. Meskipun begitu, jika Anda sedang beruntung, Anda bisa melihat lumba-lumba yang sedang menyebrangi lautan loh. Jika ingin perjalanan yang lebih cepat, Anda bisa lewat melalui Teluk Tamiang, Pulau Sogi, atau Desa Lontar. Perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 2 – 3 jam, tapi tetap tergantung dengan kecepatan kapal, ombak, dan juga arah angin.

Oh ya, jika Anda ingin ke sini, tidak bisa sembarangan. Karena jika musim angin barat, hampir semua nelayan tidak mau mengantar karena gelombang laut yang sangat besar. Jadi harus melihat-lihat arah angin terlebih dulu.

Yang membuat pulau ini unik adalah banyaknya koral mati yang tersapu ombak sehingga membentuk pulau baru. Di sana sendiri terdapat 3 zona, yaitu zona terumbu karang, zona pantai tebing batu, dan zona pantai penuh ganggang. Dari semua zona tersebut, zona ganggang lah yang paling banyak menyimpan ikan dengan berbagai jenis. Jadi, Anda bisa memilih zona ganggang jika hobi memancing.

Selain itu, jika Anda ingin ber-snorkeling, sebenarnya bisa. Hanya saja, Anda harus membawa peralatan sendiri karena belum ada yang menyewakan peralatan snorkeling di sana.

 

      3.      Taman Siring Menara Pandang

Taman Siring Menara Pandang berlokasikan di Jalan Kapten Pierre Tendean, Banjarmasin. Menara ini buka setiap hari Senin – Jumat mulai dari pukul 10.00 – 21.00 WITA. Hari Sabtu, sudah buka dari pukul 10.00 – 22.00 WITA, sedangkan Hari Minggu  buka pada pukul 08.00 – 21.00 WITA. Menara ini mempunyai 4 lantai, di bagian lantai 3 adalah area terbuka. Jadi, Anda bisa naik sampai ke lantai 3 dan menikmati pemandangan Kota Banjarmasin yang indah, apalagi saat cuacanya sedang cerah. Dari lantai 3 juga lah, Anda bisa melihat hantaran sungai Martapura, Kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan pemandangan lain di sekitarnya. Banyak wisatawan yang ke sini hanya untuk sekedar mengobrol, menikmati pemandangan, atau berfoto ria bersama sanak keluarga mereka.

Meskipun di lantai atas tersebut terbuka, tapi tenang saja di atas sudah dibatasi dengan pagar tinggi yang dipasang di sekelilingnya. Jadi, akan tetap aman jika Anda membawa anak kecil ke sini. Selain itu, Anda juga bisa melihat perahu yang berlalu lalang di Sungai Martapura. Sungguh liburan yang indah dan mengagumkan. Di setiap lantai Menara Pandang yang di kelola oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin ini juga sering dijadikan tempat pelaksanaan berbagai lomba dan perayaan acara-acara besar, seperti lomba Maulid, Banjarmasin Expo, bakti sosial, dan acara-acara lainnya. Di setiap lantai, pengunjung bebas bersantai. Akan tetapi, pengunjung harus tetap mematuhi peraturan, seperti menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi sampai membuang sampah ke sungai.

Selain digunakan untuk tempat bersantai, ngumpul, dan ngobrol-ngobrol, ternyata Menara Pandang ini juga terkadang dijadikan sebagai tempat untuk latihan dance. Jadi, pengunjung juga bisa melihat mereka yang sedang latihan dance. Hal ini juga lah yang menyebabkan berwisata ke Menara Pandang tidak membosankan. Selain itu, hal yang paling menguntungkan di sini adalah masuk ke dalam Menara Pandang tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000,- saja. Jadi, berwisata tidak perlu mahal bukan?

Oh ya, jika Anda lupa tidak membawa makanan atau minuman, Anda tidak perlu risau karena di sekitar menara banyak pedagang yang menjual berbagai macam makanan ringan dan minuman. Harganya juga masih standar dan tidak terlampau mahal untuk saku semua golongan masyarakat.

 

Itulah 3 tempat wisata di Banjarmasinyang hits yang harus anda kunjungi ketika berkunjung kesana. Yang pasti, sudah selayaknya kita sebagai warga Indonesia, apalagi warga Banjarmasin untuk menjaga dan merawat berbagai tempat wisata yang ada di sana. Ini semua agar generasi penerus kita masih bisa menikmati wisata-wisata tersebut.



Tag Terkait :


by Abu

Share :