Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita yang Wajib Dibawa

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita yang Wajib Dibawa

Sat, 24 Aug 2019 - 03:56 AM

Halo #Sobatwisata bagaimana kabarnya ?

Banyak dari kita yang mengira bahwa menikmati alam pegunungan dengan jalur pendakian adalah sebuah sarana liburan yang hanya dilakukan oleh para pria, hal ini tentu saja salah besar, karena kalau sobat ikut didalam berbagai komunitas pendakian, para kaum hawa pun ternyata banyak juga yang ikut didalam berbagai wisata pegunungan ke berbagai daerah.

Aktifitas hiking memang tidak membatasi gender karena siapapun bisa menikmati indahnya alam pegunungan. Hanya saja perlu disadari adanya perbedaan antara pria dan wanita dari sisi fisik, sehingga perlengkapan mendaki gunung untuk wanita pun ada yang sama dan ada juga yang berbeda dengan kaum pria.

Karena itu bagi kaum hawa yang ingin berwisata ke pegunungan, sebaiknya mempersiapkan perlengkapan mendaki gunung untuk wanita berikut ini agar aktifitas hiking yang Anda lakukan dapat lebih aman dan nyaman.

Pakaian Mendaki



Pada dasarnya pakaian mendaki merupakan perlengkapan mendaki gunung untuk wanita dan pria. Namun pada wanita ada hal-hal khusus yang perlu diperhatikan menyangkut kenyamanan dan keamanan selama pendakian.

Pakaian mendaki sendiri terdiri atas beberapa macam seperti  pakaian yang dikenakan, jaket, celana, mantel, sepatu/sendal gunung, serta jilbab bagi yang berhijab. Pemilihan pakaian harus didasarkan pada kebutuhan  pendakian dan jangan karena ingin modis, sebab Anda sedang melakukan aktifitas hiking dan bukan sedang menghadiri pesta.

Untuk itu kenakan pakaian yang bahannya mudah menyerap keringat, pilih jaket, mantel dan sepatu/sendal gunung khusus wanita dengan ukuran yang pas serta gunakan jilbab yang praktis serta menempel erat pada bagian kepala. Hijab untuk pendaki ini bisa dibeli di toko-toko online, termasuk brand internasional seperti ‘Nike’ pun menyediakan hijab khusus untuk pendaki.

Untuk pakaian bawah jangan menggunakan rok tapi pakai celana panjang atau pendek. Hindari mengenakan celana jeans karena selain berat juga lama kering kalau terkena basah. Pilih yang bahannya ringan seperti celana polar multifungsi yang memiliki banyak saku. Opsi lain adalah memakai celana legging plus celana pendek.

Tas Carrier



Ingat bahwa tenaga wanita tidak sekuat pria. Karena itu perlengkapan mendaki gunung untuk wanita dalam bentuk tas carrier, maksimal yang berukuran sedang dengan kapasitas 40 – 40 liter.

Baru jika pendakian diperkirakan akan memakan waktu berhari-hari dan tas carrier ukuran sedang dirasa kurang memadai untuk menampung perlengkapan, maka terpaksa harus membawa carrier berukuran 60- 70 liter. Jangan lupa membawa cover bagnya untuk mengantisipasi manakala turun hujan.

Pembalut



Menjadi kodrat wanita setiap sebulan sekali mengalami menstruasi. Untuk itu sebelum melakukan pendakian, perkirakan datangnya haid. Usahakan agar tidak mendaki pada saat haid. Selain itu di beberapa gunung ada aturan tidak tertulis yang melarang wanita yang sedang menstruasi untuk tidak mendaki, dan jika dilanggar konon akan mendatangkan malapetaka, tidak hanya pada diri wanita tersebut tapi juga kelompoknya.

Persoalannya, pada beberapa orang wanita ada yang mengalami haid tidak teratur. Itu sebabnya, agar tidak mengalami persoalan pada saat pendakian, pembalut menjadi perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang wajib dibawa.

Obat-Obatan Pribadi



Selain membawa obat-obatan P3K yang memang menjadi kebutuhan pokok pendaki, siapkan obat-obatan pribadi apabila memiliki penyakit tertentu. Obat-obatan pribadi yang dimaksud juga termasuk obat peredah nyeri untuk haid, karena terkadang datangnya haid juga disertai dengan rasa nyeri.

Bagi yang menderita gangguan pada mata, hindari mengenakan contact lens dan ganti dengan kacamata. Hal tersebut disebabkan karena kondisi gunung yang kering dan berdebu sehingga membuat lensa kontak tidak steril. Selain itu, jika menggunakan contact lens maka harus meneteskan cairan lensa bila dilepas dan dipasang yang tentunya akan membuat repot.

Sunblock




Kulit wanita cenderung lembut, tipis dan rentan terhadap paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Karena itu perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang tidak wajib bagi laki-laki adalah sunblock.

Bawa sunblock dengan minimal SPF 30 untuk digunakan sebagai tameng kulit dari paparan sinar matahari, sebab cuaca di gunung sulit untuk ditebak, terkadang dingin namun dalam waktu singkat berubah menjadi terik, panas dan kering.

Trekking Pole



Fungsi dari trekking pole sama halnya dengan kruk atau tongkat penyanggah tubuh yang digunakan para lansia atau mereka yang menderita disabilitas pada kaki. Bedanya, jika kruk dan tongkat penyanggah digunakan untuk membantu memberikan keseimbangan pada tubuh, maka fungsi trekking pole adalah membagi beban barang bawaan sehingga tidak hanya bertumpu pada kaki.

Trekking pole menjadi perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang harus dibawa karena kondisi fisik wanita tidak sekuat laki-laki, sehingga dengan membawa peralatan ini maka beban berat yang menggantung di pundak akan menjadi lebih ringan.

Logistik



Bahan-bahan logistik sebenarnya merupakan perlengkapan mendaki gunung untuk wanita dan juga pria. Hanya saja ada catatan khusus bagi wanita yang memiliki kebiasaan ngemil. Tidak ada larangan untuk membawa camilan saat mendaki gunung, tapi usahakan camilan yang dibawa tidak hanya untuk memuaskan nafsu makan, tapi lebih kepada mencukupi kebutuhan gizi tubuh.

Jadi jenis camilan yang dibawapun juga harus mempertimbangkan kadar kalori dan nilai gizinya. Jangan khawatir, sangat banyak camilan yang mengandung kadar gizi yang baik dan tingkat kalori yang tinggi ssekaligus praktis saat dibawa.

Itulah  perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang wajib dibawa saat melakukan aktifitas hiking. Selain peralatan tersebut tentunya juga perlengkapan-perlengkapan lain sebagaimana yang dibawa oleh pria seperti tenda, pisau, peralatan navigasi, lampu dan sebagainya.

Saran bagi para pemula ada kalanya memulai Aktifitas Hiking ini ke berbagai tempat yang memang tidak terlalu terjal pendakiannya dan ramah bagi mereka yang memang tidak terlalu kuat secara fisik, seperti mengunjungi Bromo maupun Kawah Ijen, namun berbagai perlengkapan yang telah disebutkan diatas, merupakan perlengkapan yang disarankan untuk tetap di bawa ya Sobat(*)




Tag Terkait :

Pegunungan


by Darwin

Share :