Panduan Lengkap Liburan ke Jakarta dengan Hemat 2019

Panduan Lengkap Liburan ke Jakarta dengan Hemat 2019

Sun, 10 Nov 2019 - 04:40 PM

Halo Sobat Wisata, Bagaimana Kabarnya ?

Kali ini Panduasia.com akan menginformasikan buat sobat yang sebentar lagi menjelang Tahun Baruan, pasti pengen donk berlibur ke Kota-Kota Eksotis Indonesia, seperti Liburan ke Jakarta atau menikmati keindahan Bali-Banyuwangi dan juga menghabiskan waktu ke tempat Eksotis seperti Lombok ataupun Sumba ? nah kali ini Pandu mau info neh Tips bagi Sobat-sobat semua yang berasal dari Luar Kota yang hendak menghabiskan waktu liburannya dengan Hemat ke Kota Jakarta.

1. Tentukan Kamu Mau Menghabiskan Liburan Ini bersama Siapa

Mengajak semua keluarga untuk jalan ke Jakarta tentu saja berbeda ketika Kamu ber solo travelling atau hanya jalan bersama Pasangan atau Rekan-rekan. Banyak hal disini yang akan perlu kamu pertimbangkan, diantaranya adalah Biaya Penginapan dan Transportasi, ber-Solo travelling tentu bisa menghemat pengeluaran kamu dibandingkan dengan kamu mengajak Keluarga.

Bila kamu memutuskan berjalan bersama rekan-rekan, biaya perjalanan tentu saja bisa digabung, bahkan bisa juga saling sharing biaya penginapan (kebayang donk kalau sendiri satu kamar yang buat berdua misal bayar 300 ribu rupiah, kalau ajak rekan, pakai double bed, harga bisa separuhnya saja, lebih murah kan).

Kalau berjalan bersama keluarga kekurangannya tentu budget harus lebih besar, kalau bersama rekan, kamu tidak bisa sesuka hati kamu menentukan destinasi wisata jakarta yang mau kamu tuju, kamu perlu berdiskusi dahulu sama mereka mau berjalan kemana saja, Hal ini tentu akan merepotkan kamu bila kamu termasuk type traveller yang mau bebas pergi kemana saja.

So pilihan ada dikamu, mau jalan sendiri, bareng rekan, atau jalan bersama keluarga.

Saran dari Pandu

 a. Ajak Keluarga, bila : Kamu memiliki Budget lebih, untuk berjalan bersama keluarga (apalagi lebih dari empat orang), akan jauh lebih mudah bila Kamu mengambil paket wisata Jakarta , selain memiliki Pemandu yang akan mengantar kamu keliling ke Lokasi-lokasi wisata di jakarta, harga paket wisata umumnya sudah termasuk Biaya Hotel dan Biaya Transportasi.

Menggunakan jasa Paket Wisata tentu akan membuat kamu lebih hemat secara Energi dan biaya-biaya yang mungkin tidak terduga selama perjalanan.

Usahakan menggunakan Jasa Wisata yang menggunakan kendaraan Pribadi bagi yang membawa keluarga dan memiliki anak lebih dari satu, sungguh ga kebayang bila kamu berwisata bersama keluarga menggunakan Bus atau kendaraan Umumnya sambil membawa perlengkapan anak / bayi lengkap dengan berbagai keperluannya, seperti popok, botol susu, minuman dan makanan, pakaian ganti anak.

Tentu saja perjalanan ini akan terasa seperti acara pindahan rumah, lelah di jalan (ini hanya saran, boleh kasih komen bila menurut sobat ada alternatif lainnya). Untuk mendapatkan beragam paket wisata kita bisa melihatnya di berbagai Website Online Travel Agent yang memang terpercaya didalam paket tour dan pemandu wisata

 b. Ajak Rekan, bila : Kamu bisa bertoleransi dengan rekan terkait destinasi yang mau dituju, kenal dekat dengan Rekan kamu. Usahakan tidak terlalu banyak rekan yang bergabung didalam acara Travelling kamu, setidaknya maksimal 3-5 orang, lebih dari itu akan semakin banyak perbedaan dalam mengambil keputusan destinasi wisata yang dituju, kamu akan merasa seperti follower bila kamu berjalan dengan banyak rekan.

Akan lebih asik bila hanya berdua atau berempat, kenapa ? kamu bisa menyewa dua kendaraan bermotor atau satu mobil sepanjang liburan kamu, dan bisa saling berbagi pengeluaran terkait transportasi ini. Usahakan ketika menyewa kendaraan yang tidak bisa lepas Kunci, mintalah driver yang setidaknya paham akan berbagai lokasi Destinasi Wisata di Jakarta, setidaknya sepanjang perjalanan kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai Kota Jakarta. 

c. Solo Travelling, bila : Kamu typical Adventure Traveller, hobi menjelajah tempat yang belum pernah kamu Kunjungi hingga kepelosok-pelosok terpencil di daerah kota Jakarta. Kamu bisa menggunakan penginapan-penginapan Murah / homestay selama liburan kamu, bahkan kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti Bus Transjakarta, Ojek Online, Kereta Commuterline, atau bisa juga melakukan Walktour ke berbagai tempat seperti Chinatown Jakarta, tempat belanja Favorit di Jakarta.

Untuk kegiatan walktour kamu bisa juga sobat mendapatkan Guide Jakarta yang umumnya melakukan kegiatan Walktour ke berbagai tempat di Jakarta dengan harga yang terjangkau.

So, bagaimana Sobat, sudah putuskan mau Menghabiskan Liburan ke Kota Jakarta bersama siapa ? kalau sudah kita lanjut ke Tahap berikutnya 


2. Tentukan Titik Awal Destinasi Wisata Hemat di Jakarta Kamu 

Bagi kamu yang berasal dari Luar Kota, memulai jelajah Kota Jakarta terbaik bisa kamu Mulai dari Wilayah Jakarta Barat, mengapa Harus Jakarta Barat ? disini kamu akan menemui titik Awal Destinasi Utama Kota Jakarta, yaitu Kota Tua Jakarta.  Ok, kita sepakati titik Awal Berwisata Kita adalah Kota Tua. untuk bisa mencapai Kota Tua Jakarta, ini Rute nya :

a. Bila Naek Kereta Api : Umumnya dengan naik kereta api menuju Jakarta dari berbagai daerah, sobat akan ditentukan di dua titik perhentian terakhir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

Rute dari Stasiun Gambir lebih dekat menuju Kota Tua Jakarta, ada beberapa metode untuk bisa menuju Kota Tua dari Stasiun Gambir ini,

    1. Sobat tinggal jalan kaki keluar Stasiun Gambir, memesan Grab / Gojek ke Lokasi Stasiun Kota Tua (estimasi biaya Rp.10.000 - Rp.15.000), Usahakan Sobat sudah menginstal applikasi Grab atau Applikasi Go-jek di smartphone Sobat yah.

    2. Sobat lalu melanjutkan naik Bis Transjakarta, untuk bisa naek Bis Transjakarta usahakan sobat memiliki berbagai Kartu E-Money seperti BCA Flazz Card, E-Money Mandiri, Kartu BNI Tap Cash, Kartu BRIZZI dll.  Harga Bis Transjakarta adalah sebesar Rp.3.500,-. Kartu-kartu E-Money bisa dibeli di berbagai Lokasi seperti Indomaret, Alfamart, atau di lokasi Halte Transjakarta itu sendiri.

Dari stasiun Gambir kamu perlu Naek Bus Transjakarta yang menuju Halte Harmoni, dari Halte Harmoni kamu perlu melanjutkan lagi ke Halte Stasiun Kota Tua. Cara seperti ini terkesan kurang efektif bila kamu mementingkan waktu kamu, dikarenakan meskipun Bus Transjakarta ini memiliki rentang waktu yang tidak terlalu lama menuju masing-masing koridor dari Gambir ke Harmoni lalu dari Koridor Harmoni kamu ke Stasiun Kota.

Bagi kamu yang perlu mengisi Energi setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan Kereta, tentu kamu ingin lebih cepat sampai ke titik awal jelajah Jakarta di Stasiun Kota Tua ini.

Ditambah lagi kamu mungkin membawa perlengkapan banyak di pundak kamu, sedangkan perjalanan menggunakan Bus Transjakarta umumnya kamu akan berdiri bila kamu seorang Lelaki, beda kalau kamu seorang perempuan, sebagian pria kadangkala akan memberikan tempat duduknya bila melihat seorang wanita membawa ransel ukuran besar (namun jangan terlalu berharap banyak juga kamu akan mendapatkan tempat duduk, adakalanya kamu akan menemui mereka yang tidak akan memberikan tempat duduk ke kamu, meskipuun kamu membawa ransel yang besar sekalipun dipundak kamu)

Rute dari Stasiun Senen akan sedikit lebih jauh dari Kota Tua Jakarta, namun memang pada umumnya kereta yang titik terakhirnya di Senen harga tiket keretanya lebih Murah dibandingkan dengan kereta-kereta yang titik terakhirnya di Stasiun Gambir, dari Stasiun Senen ini sebenernya memiliki cara yang sama seperti halnya ketika kamu memiliki rute dari Stasiun Gambir. Yaitu menggunakan Ojek Online Grab / Gojek atau menggunakan Bus Transjakarta.

Saran dari Pandu : Kamu yang naek Kereta dengan perjalanan panjang dan masih membawa bekal perlengkapan kamu di ransel tentu sudah menyita energi kamu, tipsnya gunakan applikasi Online seperti Gojek / Grab di hari pertama kamu tiba ini, kamu bisa menggunakan Bus Transjakarta sebagai Transportasi kamu di hari kedua atau kapanpun kamu mau, namun cara tercepat dan termudah menuju Kota Tua Jakarta di hari pertama adalah menggunakan Applikasi Online Grab / Gojek

b. Bila Naek Pesawat : Ambil titik Akhir penerbangan menuju Jakarta di Bandara Soekarno Hatta, bukan di Bandara Halim Perdana Kusuma, kenapa ?karena jarak dari Bandara Soekarno Hatta lebih dekat ke Kota Tua Jakarta dibandingkan dengan Bandara Halim Perdana Kusuma. dari Bandara Soekarno Hatta kamu harus menuju Manggarai terlebih dahulu dengan naik kereta Bandara Soekarno Hatta - Stasiun Manggarai (Harga terupdate tiket Kereta Bandara tersebut adalah sebesar Rp.50.000,-) dari Manggarai kamu perlu tap kartu Kereta Commuterline untuk langsung melanjutkan perjalanan kamu langsung menuju Stasiun Kota.


3. Booking Hotel terdekat di Area Kota Tua

Menurut estimasi Pandu, kamu butuh waktu 5 Hari untuk Jelajah sekitaran Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Kepulauan Seribu. oleh karena itu cari Hotel disekitaran area tersebut, beberapa Hotel Murah dari OYO ataupun penginapan dan hotel-hotel murah lainnya (Sobat bisa cari di Applikasi Agoda.com / Traveloka.com / Tiket.com / Pegi-pegi.com) sepertinya tidak menjadi masalah bila kamu seorang Adventure Traveller, carilah disekitaran Area Kota Tua, Mangga Besar, dan Pasar Baru , karena Rute terbaik kita bisa melakukan Walktour ada di beberapa titik diarea tersebut.

Ketika melakukan proses Booking tanyakan terlebih dahulu apakah bisa melakukan early check in, umumnya beberapa hotel ada yang memperbolehkan Early Check In dan ada yang tidak mengizinkan early check in (umumnya jam 14.00 kamu baru bisa check in), keuntungan kamu melakukan early check in adalah kamu bisa memulihkan tenaga kamu terlebh dahulu setiba di hotel sekitaran Kota Tua/Mangga Besar/Pasar Baru, ditambah lagi kamu bisa bepergian langsung di hari pertama tanpa harus membopong ransel besar kamu (bisa di taruh / diletakkan di Hotel).

Sekiranya Hotel tidak mengizinkan untuk early check in, tanyakan apakah kamu bisa melakukan penitipan Tas di Resepsionist, bila bisa kamu akan menjadi lebih mudah untuk bepergian tanpa harus membawa Tas Besar Kamu. 


Kota Tua Jakarta

4. Schedule Trip Rekomendasi Pandu

Oke Kita Anggap kamu sudah tiba di Stasiun Kota Tua Jakarta Barat dan Sudah mendapatkan Hotel disekitaran itu, berikut Saran Trip dari Pandu untuk  Jelajah Jakarta Kamu :

  a. Hari Pertama : 

      Kamu langsung taruh Ransel/Koper kamu di Hotel, atau kamu bisa bawa juga tidak apa-apa, mari kita Anggap kamu telah berada di Stasiun Kota Tua Jakarta Pukul 11.00. Kondisi di Jakarta untuk saat ini berada didalam Musim Hujan, usahakan membawa payung lipat kecil dan juga topi, kenapa perlu membawa topi, dikarenakan umumnya disiang hari cuaca akan sedikit terik. Bila kamu tidak tahan dengan cuaca Panas, gunakan sun cream / sunblock yang sesuai dengan kulit kamu. 

Berikut Trip hari Pertama Kamu (Museum & Pelabuhan) : Stasiun Kota Tua Jakarta -- Museum Fatahillah -- Wayang Museum -- Istirahat di Cafe Batavia -- Museum Bahari --Pelabuhan Sunda Kelapa 

di trip hari pertama ini Usahakan masing-masing spot tidak lebih dari 30 menit - 1 jam, usahakan ketika berada di Pelabuhan Sunda Kelapa kamu berada di jam 4-5 Sore. dari Stasiun Kota Tua hingga istirahat di Cafe Batavia Kamu tidak memerlukan kendaraan karena lokasi saling berdekatan (cukup walktour), untuk menuju Museum Bahari dari Cafe Batavia kamu perlu menggunakan kendaraan.

Seperti biasa, Ojek Online masih menjadi Primadona disini, ongkos dari Cafe Batavia ke Museum Bahari berkisar Rp.15.000 . Jarak dari Museum Bahari ke Pelabuhan Sunda Kelapa tidak terlalu jauh, hanya berkisar 300 meteran saja, setelah dari Pelabuhan Sunda Kelapa teruskan perjalanan kamu kembali ke Hotel dengan Applikasi Kendaraan Online / kembali ke Stasiun Kota Tua


Depan Museum Wayang


Berikut Estimasi Rincian Pengeluaran yang Kamu akan keluarkan di hari pertama ini

Museum Fatahillah : Harga Tiket Masuk Rp.5.000,-

Museum Wayang : Harga Tiket Masuk Rp.5.000,-

Cafe Batavia : Kisaran Harga Makanan memang Agak sedikit Mahal, namun untuk istirahat sejenak dan berfoto-foto tempat ini lumayan bagus, kisaran harga makanan + minuman (minimal 60-100 ribu), pilihlah tempat dilantai 2 yang dekat dengan Jendela, suasana santai kamu akan lebih terasa menyenangkan

Dari Cafe Batavia lanjutkan perjalanan ke Museum Bahari, pastikan kamu tidak terlalu sore menuju ke Museum Bahari, dikarenakan Museum Tutup di Jam 16.00, cari titik terdekat Applikasi Gojek bisa menerima orderan kamu dari Cafe Batavia ke Museum Bahari. : Harga Ojek Online Rp.10.000,--

Museum Bahari : Harga Tiket Rp. 2.000,-

Pelabuhan Sunda Kelapa : Harga Tiket Masuk Rp.2.500 - Rp.5.000 

Dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke Lokasi Hotel menggunakan Kendaraan Applikasi Online Gojek / Grab : Rp.10.000,-

Total estimasi pengeluaran Trip hari pertama : Rp. 95.000 - Rp.140.000,

di Hari pertama ini kamu bisa mencoba makan disekitaran Kota Tua seperti di Kedai Seni DJakarte atau di Padang Merdeka. Kisaran Makan Malam Rp.100.000 

Total Pengeluaran di Hari Pertama Rp. 240.000 (Include Makan Siang dan Makan Malam, mengunjungi 3 Museum dan 1 Pelabuhan)

Selesai makan malam kamu bisa beristirahat di Hotel.


b. Hari Kedua :

Di hari Kedua ini, Saran dari Pandu adalah Full Walktour ke Area China Town dan Naek Ojek Online Grab / Gojek ke Pasar Baru Lanjut ke Monas

Berikut Rute yang Pandu Sarankan untuk kamu di Hari Kedua kamu di Jakarta : Hotel -- China Town (Glodok, Es Kopie Tak Kie dan Makan Cakwe Gloria, Vihara Dharma Bhakti) -- Pasar Baru -- Monas

di trip hari kedua ini usahakan di jam 9 pagi kamu sudah keluar dari Hotel kamu yah, dari Sekitaran Hotel nikmati walktour menuju China Town Glodok. Rute pertama adalah ke Vihara Dharma Bhakti. Estimasi menuju kesana kurang lebih memakan waktu 15 menit sampai dengan 20 menit.

Nikmati perjalanan pagi kamu menuju Vihara Dharma Bhakti. Kamu bisa mendapatkan spot foto menarik dari herritage Budhist Temple ini, Saran dari Pandu, siapkan beberapa uang 500 - 1.000, tidak tertutup kemungkinan akan ada pengemis yang kadang meminta uang ke kamu disekitaran Vihara ini, beri beberapa ke Mereka, anggap saja saling berbagi rezeki (namun bila tidak ada tidak usah dipaksakan).

Tidak jauh dari area Vihara terdapat Kuliner Legendaris di Glodok, yaitu Es Kopi Tak Kie, kamu bisa mencoba Es Kopinya setelah berjalan kaki cukup jauh dari Hotel ke Vihara,di sekitaran Gang Gloria terdapat juga beberapa Kuliner yang menurut Pandu perlu kamu cicipi, seperti Kue Bantal dan Cakwe Gloria.

Terdapat banyak tempat kuliner disekitaran Chinatown Glodok, namun untuk kamu yang beragama Muslim, silahkan tanya dengan Sopan ke Pemilik Makanannya apakah Halal atau tidak (Ingat yah, bertanya dengan sopan, bila didepan restoran tertera kata "Halal" ya tidak perlu lagi ditanyakan ya). Untuk berada di Rute pertama China Town Glodok ini estimasikan kamu tidak menghabiskan waktu lebih dari 3 jam yah, kenapa ? karena perjalanan masih panjang di hari kedua ini.

Dari China Town Glodok, kamu bisa meneruskan perjalanan kamu ke Pasar Baru, untuk menuju Pasar Baru gunakan saja Ojek Online, estimasi biaya sekitar Rp. 15.000,-, Di Pasar Baru. Gunakan titik Point ke pasar Baru " Garuda Sports & Music ", toko ini meeting point paling dekat dengan pintu masuk Pasar Baru yang ikonik, kita bisa mengambil foto di pintu masuk pasar baru ini.

Disekitaran Pasar Baru ini kamu bisa melihat berbagai toko yang menjual berbagai macam jenis barang mulai seperti Sepatu, pernak-pernik murah, Bahan Pakaian, serta cemilan-cemilan. Saran Pandu coba kamu menuju Metro Atom Plaza Lantai 3, ditempat ini ada banyak pakaian Eks Import yang harganya lumayan Murah, namun kamu perlu cek dengan detail yah barang yang kamu beli.

Bila membeli pakaian, pastikan kamu coba dulu sebelum dibeli, kan rugi juga kalau sudah dibeli ternyata ga muat atau kebesaran. Pastikan waktu yang kamu habiskan di Pasar Baru ini tidak lebih dari jam 2 yah Sobat, karena kita harus beranjak ke Monumen Nasional (Monas)

Dari Pasar Baru kita menuju Monas bisa 2 alternatif, dengan berjalan Kaki selama kurang lebih 30 menit, atau dengan naik Ojek Online dengan estimasi biaya seharga Rp.15.000,-

Setiba di Monas, tiket masuknya adalah sebesar Rp.35.000,- (dalam bentuk kartu Jackcard) ,Saran dari Pandu ketika di Monas adalah : Naek kereta wisatanya (gratis), Naek ke Puncak Monas (Bayar Rp.15.000,-), Masuk ke Museum Monasnya , Makan di tempat makan lenggang Jakarta dan berkunjung ke Pasar Malamnya (masih diarea Monas).

Untuk kereta wisata ketika balik dari Tugu Monas tetap gratis tapi kita perlu menunjukkan bukti struk tiket masuk wisata kita ke Tugu Monas, saran : untuk jalur balik dari Tugu ke Depan pintu masuk lebih baik jalan kaki saja, kenapa? karena antrian pengunjung untuk naek kereta wisata ini cukup panjang dan lama, kedua dengan berjalan kaki, hitung-hitung olahraga, kita juga menyaksikan pemandangan yang menyenangkan di sekitaran Monas ini.

Bila lapar kita bisa lanjut ke tempat makan lenggang Jakarta sambil menunggu waktu menjelang malam kita bisa berkunjung ke pasar malamnya yang terdapat di Monas.

Berikut Estimasi Biaya yang kita keluarkan di Hari Kedua ini :

China Town Glodok : Free Tiket, Minum Es Kopi Tak Kie +  Cakwe dan Kue Bantal : Rp. 30.000 - Rp.50.000,-

Transport dari China Town Glodok ke Pasar Baru Naek Ojek Online : Rp. 15.000,-

Pasar Baru : Beli Kaos / Baju Import : Kisaran Rp.100.000,-

Pasar Baru ke Monas : Jalan Kaki atau naek Ojek Online Rp. 15.000,-

Monumen Nasional / Monas : Tiket Masuk Rp.35.000 (dalam bentuk kartu Jackard), Rp 15 Ribu kita bisa masuk ke bagian Atas Monas (namun kadang kala ada banyak antrian)

Makan Malam di Lenggang Jakarta sekitaran Monas : Rp.50.000,-

Total Biaya Hari kedua ini : Rp.145.000 - Rp.265.000,- (Masih Worth it lah, sudah termasuk makan siang dan makan malam)


c. Hari Ketiga :

Bila Kamu masih memiliki tenaga dan dana untuk Lanjut, maka di hari ketiga adalah One Day Tour di TMII. Kenapa harus One Day Tour ? karena Taman Mini Indonesia Indah ini tidak semini yang dikira, sehari jelajah Taman Mini pun belum tentu Cukup.

Untuk menuju ke TMII ini lumayan jauh dari Hotel kamu yang lokasinya di Jakarta Barat sekitaran Kota Tua, untuk lebih irit ikuti rute transportasi berikut ini:

Naek KRL Commuterline dari Stasiun Kota ke Stasiun Cawang (Rp.3.000,-) dan Lanjutkan naek Bus Transjakarta dari Halte Cikoko ke Bus Koridor 9 tujuan Pinang Ranti, dan Turun di Terminal Busway Taman Mini Garuda (Rp.3.500).

Kemudian kamu perlu menyebrang dan melanjutkan perjalan dengan menaiki Angkot, KWK t 02 arah Cilangkap atau KWK t 01 arah Bambu, minta diturunkan di Pintu Masuk 1 TMII (Rp.4.000 - Rp.5.000), sampai dah di TMII (Total Ongkos : Rp.10.500 - Rp11.500, jauh lebih irit kalau kamu naek Ojek Online bisa diatas 50 Ribu Rupiah)

Harga masuk ke Taman Mini adalah sebesar Rp.15.000,- , Murah bukan ? tapi bukan berarti bisa masuk ke semua tempat, dibeberapa tempat harus bayar lagi, hehehe. Ada banyak sekali lokasi yang menarik di Taman Mini, cara terbaik untuk menikmati jalan-jalan ke Taman Mini adalah sbb : 

  1. Sebelum jalan ke TMII, cari tahu denah TMII secara Online, cari tahu ada apa saja di TMII

  2. Naek Mobil Keliling TMII  di salah satu terminal yang berada di salah satu taman di TMII, Taman Tugu Api Pancasila (Bayar 10Ribu)

  3. Lihat dan ingat, dari berbagai Lokasi yang menurut kamu membuat kamu tertarik.

  4. Jalan menuju Lokasi yang membuat kamu tertarik atau gunakan sewa Sepeda di TMII (harga sewa 15ribu/jam). Untuk sewa sepeda selama sejam akan terasa kurang, idealnya 2 jam, kalau 3 jam terlalu mahal untuk harga sewa sepeda hingga 45 ribu.

  5. Cari tempat makan di sekitaran Area di TMII, ada banyak kok, pilih yang sesuai selera dan tidak berat dikantong.

Rincian biaya hari ketiga ini : Rp. Transport pulang dan pergi : Rp.10.500 x 2 = Rp.21.000,-,

Tiket Masuk TMII : Rp.15.000,-

Naek Mobil Keliling TMII dan Sewa Sepeda 2 jam : Rp. 10.000,- + Rp.30.000 = Rp.40.000,-

Makan Siang di sekitaran TMII : Rp.50.000

Total pengeluaran Hari Ketiga : Rp. 126.000,- (catatan : tidak masuk ketempat-tempat berbayar di TMII)

Opsi Lain : Bila kamu ingin mengetahui banyak sejarah dari Taman Mini Indonesia Indah ini, kamu juga bisa menyewa Local Guide dengan fasilitas Kendaraan yang bisa masuk kedalam Taman Mini Indonesia, dengan pemandu ini waktu dan energi kamu tidak akan banyak terbuang, namun tentu saja sesuaikan dengan budget yang kamu punya, Range menggunakan Pemandu Lokal dikisaran Rp.850.000,-

(termasuk dengan kendaraan yang akan mengantar jemput kamu dari Hotel ke TMII serta termasuk Makan Siang).

Kamu bisa lihat detail Local Guide TMII disini link ini : http://panduasia.com/tour/one-day-explore-the-miniature-of-indonesia (Speaking English Guide)


salah satu rumah adat di TMII yang bisa kamu kunjungi

d. Hari Keempat-Kelima :

Jelajah Pulau Seribu, Museum dan pelabuhan sudah kita kunjungi, Area Rekreasi Keluarga dan Budaya Sudah, Tempat Perbelanjaan juga Sudah, sekarang saat nya kita main "basah-basahan", siapa lagi kalau bukan yang namanya jalan-jalan ke pantai or ke pulau.

Nah di Sini Pandu akan saranin beberapa Lokasi yang perlu kita kunjungi, namun untuk acara ke Pantai ini pada umumnya memang harus ikut sama jadwal paket wisata, ga bisa nyebrang pulau sendirian sobat.  Berikut beberapa Alternatif yang bisa sobat tentukan :

 1. ODT : 1 Hari ke 3 Pulau + 1 Hari Istirahat di Hotel / Walktour ke Sekitaran Kota Tua Jakarta

 di Hari pertama ini kita bisa mengunjungi 3 Pulau (Kelor, Onrust dan Cipir) dengan kisaran Harga 75 ribu - 150 ribu (umumnya yang harganya diatas 100 ribu rupiah mendapatkan makan siang), perjalanan menuju 3 pulau ini start dari Muara Kamal, untuk menuju Muara Kamal ini dari sekitaran Kota Tua akan lebih cepat naik kendaraan Ojek Online sekitar 15 Ribu atau menaiki Mikrolet KWK 06 Trayek Kota - Kapuk Kamal (sekitar 8 ribuan), bisa pilih salah satu nya.

Pandu lebih menyarankan Naik Ojek Online, karena tidak perlu ribet, tinggal tunggu depan Hotel disamperin sama abang Ojek Onlinenya dan langsung On the way ke Muara Kamal, kalau naek Mikrolet, adakalanya sopir suka mengetem menunggu penumpang, apalgi bila mobil mikrolet yang dibawa sepi penumpang, bisa-bisa ngetemnya lama 

Biaya yang kamu habiskan di hari Ke-empat di 3 Pulau  : Rp.15.000 + Rp.75.000 + 15.000 : Rp.105.000 + (Rp.30.000, makan/ngemil di salah satu pulau)  : Rp.135.000,-

di Hari kedua kamu bisa beristirahat di Hotel atau bisa menikmati wisata kamu ke tempat lainnya yang belum kamu kunjungi di Sekitaran Kota Tua Jakarta (Museum Bank Indonesia / Bank Mandiri / Menikmati Malam di Jembatan Merah)

Biaya yang kamu habiskan di hari ke-lima saat beristirahat dan walktour disekitar Kota Tua : Rp.50.000-Rp.150.000

Total Biaya bila kamu menggunakan Opsi ini di hari ke-4 dan ke-5 : Rp.135.000 + Rp.150.000 : Rp.285.000

 

Benteng Martello di Pulau Kelor

2. Menginap di Kepulauan Seribu

Menginap di salah satu pulau (Pulau Pari, Pulau Tidung / Pulau Harapan)

menginap disebuah pulau tentu memiliki ciri khas tersendiri bagi kita, ditambah lagi terdapat beberapa nilai plus dibandingkan hanya sekedar ODT (one day tour). Beberapa keunggulan bila kita menginap di sebuah pulau dibandingkan hanya ODT adalah sbb :

    a. Program Acara tidak terburu-buru

    b. Perjalanan Kapal Laut memakan waktu yang lama, dengan menginap kita bisa beristirahat lebih cepat untuk memulihkan stamina dibandingkan dengan ODT

    c. Barbeque / Bakar-bakar ikan , kalau ODT kamu sudah pasti tidak akan mendapatkan fasilitas ini ya Sobat, berbeda hal nya bila kamu menginap di salah satu pulau, setiap Trip ke Pulau umumnya memiliki fasilitas ini.

    d. Bisa Snorkeling. Untuk Trip ODT mungkin saja ada yang memiliki fasilitas Snorkeling, namun bila menginap, waktu yang kamu habiskan untuk snorkeling akan lebih panjang dan menyenangkan

Berikut Pandu akan informasikan beberapa lokasi yang menarik untuk Menginap di Pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu ya Sobat, silahkan dipilih sama sobat Sendiri, mau yang mana.

    2 Hari 1 Malam ke Pulau Pari

Untuk bisa mencapai Pulau pari ini bisa dari Kaliadem (Muara Angke) atau dari Dermaga Marina di Ancol, untuk lebih mudah memang adakalanya kita bila bepergian ke Pulau dan menginap menggunakan Paket Wisata, kamu bisa mencari diberbagai media sosial yang menawarkan paket Open Trip, bila menggunakan Regular Trip ke Pulau Pari.

Umumnya jumlah peserta tidak bisa kamu seorang, berbebda dengan yang Open Trip, mereka bisa terima sobat seorangan, dan apabila di hari H jumlahnya sesuai dengan target kapasitas mereka, perjalanan bisa dimulai (Enaknya lagi ketika Open Trip, kamu adakalanya bisa bayar di hari-H atau beberapa hari sebelum acara di mulai, saran Pandu, gunakan jasa Tour yang aman dan terpercaya, jangan hanya terpukau dengan harga murah saja ya Sobat.

Lama perjalanan dari Dermaga Marina maupun Kaliadem diperlukan waktu kurang lebih 1,5 Jam untuk sampai ke Pulau Pari, 3 tempat favorit yang terdapat di pulau pari yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahri dan Pantai Pasir Kresek. Ketika kamu mendapatkan paket wisata ke Pulau Pari ini, pastikan ke Pihak penyelenggara Tour beberapa hal berikut ini :

      a. Fasilitas dapat apa Saja : umumnya Snorkeling, penginapan, makan, snack/barbeque, kapal pulang dan pergi, Asuransi, Pelampung, Local Guide, Dokumentasi dan Sepeda Pantai (silahkan tanya kepenyelenggara tour bila kurang dari itu, apakah kamu bisa mendapatkan fasilitas itu semua atau kaga)

      b. Titik meeting Point dimana : umumnya yang dari Dermaga Marina di Ancol harganya lebih mahal dibandingkan yang dari Kaliadem muara Angke (Wajib tahu, jam berapa meeting pointnya dan kamu akan menemui siapa disana, minta no kontak WA PIC nya)

      c. Gunakan Penyelenggara Tour yang Aman dan Terpercaya : jangan terpengaruh dengan harga murah, pastikan pihak penyelenggara tersebut, memiliki Email, No PIC, Website, Instagram dan Facebook Fan Page, dengan adanya hal-hal tersebut, dapat dipastikan pihak penyelenggara memang memiliki Trust sehingga apapun yang terjadi bisa dipertanggungjawabkan olehnya.

Kisaran Harga ke Pulau Pari : Rp. 350.000 - Rp.600.000,-


     2 Hari 1 Malam ke Pulau Tidung

Orang pada umumnya menggunakan kata-kata jembatan Cinta untuk memarketingkan Pulau Tidung ini, sebenernya Jembatan Cinta digunakan sebagai jembatan antara Tidung Besar dan Tidung Kecil, hanya sebatas itu. Bagi yang mau berfoto-foto ria, jembatan ini bisa seh untuk berfoto bila tidak terlalu ramai.

Kalau kamu menginap di Pulau Tidung, bukan jembatan cinta ini yang perlu kamu fokuskan, tapi snorkelingnya yang perlu kamu fokuskan, kenapa ?karena umumnya untuk pekat-paket wisata seperti ini, pihak penyelenggara tour memberikan fasilitas dokumentasi dalam air.

Tanyakan Juga apakah didalam fasilitasnya terdapat Sepeda untuk berkeliling dan Banana Boat. Berikut beberapa detail fasilitas yang perlu kamu ketahui bila kamu mengikuti Trip 2 Hari 1 Malam ke Pulau Tidung

      a. Paket Hemat : Tiket Kapal Fery pulang dan Pergi, Makan 3 Kali, Penginapan, Asuransi Jasa Raharja (Kisaran Harga Rp. 350.000 - Rp. 600.000)

      b. Paket Standard : Tiket Kapal Ferry pulang dan pergi, Snorkeling, Penginapan, Asuransi Jasa Raharja, Sepeda, Banana Boat, Foto Kamera Under water, Local Guide (Kisaran Harga Rp. 450.000 - Rp. 700.000)

      c. Paket Lengkap : Tiket Kapal Ferry pulang dan pergi, Snorkeling, Barbeque, Penginapan , Asuransi, Sepeda, Banana Boat, Foto Kamera Under Water, Local Guide (Kisaran Harga Rp. 500.000 - Rp. 800.000)

Harga tergantung dari Jenis Paket yang diambil dan  Jumlah Peserta (semakin banyak semakin murah) 


    2 Hari 1 Malam ke Pulau Harapan 

Paket Wisata yang bisa Pandu sarankan untuk bermalam di pulau tersebut adalah Pulau Harapan, Pulau ini sedikit lebih jauh dibandingkan pulau Pari dan Pulau Tidung. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 Jam untuk bisa mencapai Pulau Harapan ini.

untuk mendapatkan paket dari pihak penyelenggara tour, umumnya yang keberangkatannya berasal dari Kali adem muara angke. Beberapa hal fasilitas yang sepertinya perlu sobat tahu ketika mengikut paket-paket wisata ke Pulau Harapan adalah sebagai berikut :

Fasilitas pada umunya : Tiket Kapal pulang dan pergi, Makan 3 kali, penginapa, Local Guide, Snorkeling, Documentasi, Asuransi, Barbeque, Tiket Masuk Penangkaran Penyu (Kisaran Harga Rp. 450.000 - Rp. 900.000)

Saran dari pandu cari pihak penyelenggara yang sedang melakukan Open Trip, karena bila reguler Trip, harga akan menjadi mahal bila kamu jalan sendiri atau berdua dengan rekan kamu.


Sebenernya masih ada banyak pulau-pulau lain yang bisa kamu kunjungi, namun pandu menentukan pulau-pulau ini sebagai tempat yang Menyenangkan dan Nyaman untuk kamu kunjungi serta banyaknya pihak penyelenggara tour untuk paket-paket wisata ke Pulau-pulau tersebut.

So Sobat sudah menentukan mau jalan kemana di Hari ke-empat dan kelima ini ? yuk kita rinci Kembali total estimasi di hari keempat dan kelima

    Pilihan Pertama 

    ODT : 1 Hari ke 3 Pulau + 1 Hari Istirahat di Hotel / Walktour ke Sekitaran Kota Tua Jakarta,

    3 Pulau  : Rp.15.000 + Rp.75.000 + 15.000 : Rp.105.000 + (Rp.30.000, makan/ngemil di salah satu pulau)  : Rp.135.000,-

    Walktour disekitar Kota Tua (Museum BI, Museum Mandiri,  Jembatan Merah : Rp.50.000-Rp.150.000)

    Total di Opsi Pilihan Pertama ini = Rp. 135.000 + Rp. 50.000  = Rp. 185.000 (Minimal)


    Pilihan Kedua : Menginap di Pulau (Pilih salah satu)

     2 Hari 1 Malam ke Pulau Pari = Kisaran Harga Rp. 350.000,- (Minimal)

     2 Hari 1 Malam ke Pulau Tidung = Kisaran Harga Rp. 350.000,- (Minimal)

     2 Hari 1 Malam ke Pulau Harapan  = Kisaran Harga Rp. 450.000,- (Minimal)


Bagaimana Sobat, sudah 5 Hari, Yuk Kita Hitung Total Estimasi Pengeluaran selama 5 Hari :

Day 1 : Museum + Pelabuhan : Rp.240.000,-

Day 2 : Chinatown Glodok + Pasar Baru + Monumen Nasional : Rp. 265.000,-

Day 3 : Taman Mini Indonesia Indah : Rp. 126.000,-

Day 4-5 : Opsi 1 : 3 Pulau (Kelor, Cipir, Onrust)+Walktour sekitaran Kota Tua : Rp. 285.000,-

                 Opsi 2 : Menginap 2 Hari 1 Malam di Pulau Pari / Pulau Tidung / Pulau Harapan : Rp. 450.000,-


Total Biaya selama 5 Hari : Maksimal Rp.1.081.000  , ini adalah Biaya yang setidaknya besar kemungkinan akan kamu keluarkan di luar Biaya Hotel dan Trsnaportasi dari Kota tempat kamu berasal. Dengan total sebesar itu dimana kamu bepergian ke Museum, Pelabuhan, Pusat Budaya, Tempat perbelanjaan hingga Pulau di Jakarta selama 5 Hari, maka menurut Pandu angka tersebut masih tergolong Worth it ya Sobat,

Bagaimana dengan Sobat, ada punya cerita lebih menarik dalam menciptakan panduan liburan sobat ketika berada di Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia ? Share di kolom Komen ya Sobat, atau gabung bersama panduasia.com di Member Komunitas, klik disini untuk register : http://panduasia.com/member/register dan ceritakan pengalaman Liburan Kamu di berbagai Kota tempat kamu berasal.


Tag Terkait :

Tips


by Abu

Share :