Sambangi 10 Spot Wisata Ini Saat Kamu Berlibur ke Palembang

Sambangi 10 Spot Wisata Ini Saat Kamu Berlibur ke Palembang

Thu, 06 Sep 2018 - 05:17 PM

Palembang merupakan suatu kota yang terkenal dengan kuliner empek-empek. Selain terkenal dengan kulinernya, Palembang juga memiliki tempat wisata yang unik, menarik, dan patut untuk di kunjungi :

1 . Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan jembatan yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan Ampera sendiri memang sangat terkenal dan merupakan ikon Kota Palembang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dan baru selesai setelah 3 tahun. Selain itu, di sekitar spot wisata ini (kurang lebih 50 meter) ada sebuah pasar yang merupakan pusat makanan dan souvenir.


2 . Sungai Musi

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera yang panjangnya mencapai 750 km. Sungai Musi membagi kota Palembang menjadi 2 bagian dan dulunya Sungai Musi merupakan sarana transportasi utama di Palembang. Di tepi Sungai Musi itu sendiri terdapat beberapa obyek wisata, di antaranya Kampung Arab, restoran terapung , dan Benteng Kuto Besak.


3 . Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Wisata Punti Kayu marupakan satu-satunya hutan wisata yang ada di Palembang. Hutan wisata ini terletak kurang lebih 7 km dari pusat kota Palembang, Luas hutan wisata ini sekitar 50 hektar. Hutan Wisata Punti Kayu juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Selain itu, ada juga penangkaran buaya dan kebun binatang. Jika kamu mengunjungi spot wisata ini, kamu bisa melakukan banyak hal seperti berpiknik, berenang, bermain di taman, dan bermain perahu. Untuk masuk ke dalam hutan wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- 


4 . Pulau Kemaro

Pulau Kemaro bisa dibilang merupaka spot wisata yang paling terkenal di Palembang. Pulau Kemaro sendiri terletak di tengah Sungai Musi. Di dalam Pulau Kemaro ada sebuah vihara untuk berdoa dan berziarah.

Di sini kamu juga bisa menemukan sebuah makam seorang putri Palembang. Di Pulau Kemaro banyak hal menarik, seperti pagoda berlantai 9 dan pohon cinta. Masyarakat setempat memiliki kepercayaan tersendiri yaitu jika sepasang kekasih mengukir nama mereka di pohon cinta, hubungan mereka akan berlanjut sampai pernikahan.


5 . Gelora Sriwijaya

Gelora Sriwijaya merupakan sebuah stadion sepak bola yang diakui sebagai stadion berkelas internasional. Stadion ini merupakan stadion terbesar ketiga di Indonesia dengan kapasitas 40,000 orang.

Selain itu, Gelora Sriwijaya juga sering digunakan untuk tempat acara tertentu karena luas dan kapasitasnya sendiri yang muat banyak orang.


6 . Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak adalah bangunan yang merupakan saksi perjuangan melawan para penjajah. Bangunan ini berdiri dengan bahan batu. Di dalam Benteng Kuto Besak kamu bisa melihat banyak kapal yang berlayar di Sungai Musi. Benteng Kuto Besak juga merupakan tempat wisata yang menjadi ikon karena keindahannya, terutama pada sore hari.


7 . Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan masjid terbesar di Palembang. Bangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin sendiri merupakan gabungan arsitektur Eropa, Indonesia, dan China.

Spot wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk wisata religi dan wisata budaya. Di dekat Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin kamu juga bisa menemukan 2 pasar yang di dalamnya menjual berbagai macam kain tenun, souvenir, kerajinan kayu, dan makanan.


8 . Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah merupakan spot wisata yang terletak di kota Pagar Alam. Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih 40 meter. Selain itu, air terjun ini juga mempunyai lingkungan yang asri. Kamu bisa menikmati pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Lematang Indah. Karena tangga di Air Terjun Lematang Indah licin saat hujan, jadi berhati-hatilah  jika kamu mengunjungi tempat di musim hujan. Harga tiket masuk ke spot wisata Air Terjun Lematang Indah adalah Rp. 4.000 per orang.


9 . Taman Kambang Iwak

Dulu, Taman Kambang Iwak merupakan tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar Taman Kambang Iwak. Yaa, Taman Kambang Iwak memang merupakan peninggalan sejarah sejak jaman penjajahan Belanda. Di Taman Kambang Iwak, banyak orang yang berlari pagi mengelilingi kolam yang panjangnya lebih dari 800 meter. Selain itu, taman ini juga memiliki berbagai fasilitas permainan. Saat kamu merasa lapar, kamu juga bisa mencari makanan di sekitar Taman Kambang Iwak karena di sekitar taman tersebut banyak terdapat restoran.


10 . Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho merupakan masjid yang bernuansa khas China. Masjid ini juga tidak hanya sekedar tempat ibadah, tapi sudah menjadi salah satu spot wisata yang mampu memikat pengunjung. Pengunjung Masjid Cheng Ho itu sendiri datang dari berbagai tempat dan negara seperti Taiwan, Malaysia, Jakarta, Medan, Singapura, dan lainnya.

Nah, itulah spot spot wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Palembang. Disamping itu, Palembang juga terkenal dengan makanan nya yang enak enak. sebut saja empek-empek, siapa yang tidak tau makanan khas Palembang yang satu ini. nah, jangan lupa berkunjung kesini ya .

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by fajarudin

Share :