Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi

Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi

Thu, 22 Nov 2018 - 04:13 PM

Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi

 Siapa yang tidak tahu Kota Medan, Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini merupakan salah satu dari 10 Kota Besar di Indonesia, menduduki peringkat ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan ini ternyata memiliki banyak objek wisata yang sangat sayang bila tidak kita kunjungi ketika kita berada di Kota Medan ini, dimana saja lokasi wisata nya ? ini dia...

            1.      Pantai Olo (Pantai Ocean Pasific)

Pantai Olo (Pantai Ocean Pasific) merupakan salah satu spot wisata pantai di Medan yang patut untuk dikunjungi. Pantai ini terletak di Bagan Deli, Belawan, Kota Medan. Belawan sendiri merupakan kota pelabuhan yang memiliki pesona di wisata baharinya.

Pantai Olo ini sendiri sering dikunjungi untuk rekreasi keluarga. Untuk mencapai lokasinya, Anda perlu bertanya kepada penduduk sekitar tentang keberadaannya karena plang penunjuk lokasi pantainya hanya sampai di kota Belawan.

Untuk masuk ke dalam spot wisata ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per motor dan Rp 20.000,- per mobil. Kawasan spot wisata Pantai Olo ini cukup luas dan dipinggiran pantainya juga diberi beton sehingga akan nampak seperti pantai yang berbentuk kolam dengan deburan ombak yang tenang.

Di Pantai Olo juga terdapat banyak bangku-bangku yang berderetan untuk bersantai para wisatawan. Selain itu, Anda juga bisa memandang pemandangan laut lepas dari bangku-bangku tersebut. Di sini, Anda juga bisa memancing ikan di laut lepas.

Di dalam kawasan pantai ini juga terdapat satu restoran yang menyediakan makanan laut segar, tempat penginapan keluarga, taman bermain anak, dan live music. Meskipun begitu, kondisi air Pantai Olo sedikit tidak terawat . ada juga beberapa wahana mainan anak seperti ayunan dan perosotan yang sudah rusak.

Banyak juga beberapa fasilitas lain seperti bangku memancing, dan fasilitas lain yang sudah rusak. Banyaknya sampah yang bertebaran juga mengurangi keindahan pantai ini. Meskipun begitu, jika Pantai Olo ini dirawat kembali, pantai ini akan tetap indah dan semakin indah.

 

2.      Hairos Waterpark

Hairos Waterpark terletak di Jalan Let. Jend. Jamin Ginting KM 14.5, Namo Simpur, Pancur Batu Hairos Waterpark. Hairos Waterpark sendiri berdiri di atas lahan seluas 17 hektar. Selain itu, Hairos Waterpark merupakan taman hiburan terbesar di Medan.

Hairos Waterpark Medan menyediakan beragam wahana air yang seru dan menantang untuk semua pengunjung. Beberapa wahana yang ada di sana di antaranya, Kolam Ombak dengan panjang 0 meter dan lebar 2 meter. Ombak yang dihasilkan bisa mencapai ketinggian maksimal 100 meter dan bisa untuk berselancar.

Ada juga Kolam Air Menari dengan lebar yang mencapai 12 meter. Di bagian tengahnya terdapat air yang memancar dari bawah. Saat turun, aliran air akan terlihat indah layaknya seorang penari gemulai.

Fasilitas yang ada di Hairos Waterpark sendiri terbilang lengkap. Ada ruangan basuh, musholla, loker, gazebo, kantin, dan ruang parkir luas. Di sana juga ada klinik khusus jika suatu waktu ada yang terluka. Selain itu, ada juga area khusus untuk panggung theater.

 

3.      Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser terdapat di Jl. Selamat No. 137, Siti Rejo III Amplas.  Taman Nasional Gunung Leuser sendiri merupakan salah satu yang terbesar dan paling beragam di Indonesia. Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 7.927 kilometer persegi.

Sebenarnya, Taman Nasional Gunung Leuser adalah sekelompok berbagai cagar alam dan hutan, diantaranya Cagar Alam Gunung Leuser, Cagar Alam Kluet, Suaka Margasatwa Sikundur-Langkat, Cagar Alam Kappi, Singkil Barat, Penelitian Ketambe, dan Dolok Sembilin.

Taman ini juga mencakup hutan bakau, hutan rawu, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, hutan subalpine, dan pantai. Yang pasti, pengunjung yang menyukai petualangan tidak akan kecewa.

 

4.      Taman Sri Deli

Taman Sri Deli terletak di Jl. Sisingamangaraja, Medan. Taman Sri Deli memiliki luas sekitar 14.884 meter kubik. Selain itu, taman ini juga sering dijadikan tempat untuk bersantai oleh pengunjung.

Taman Sri Deli sendiri menyimpan cerita yang unik. Jadi, taman ini merupakan taman bersejaran yang dulu dibangun oleh Sultan kenamaan dari Kerajaan Deli, sultan tersebut bernama Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam.

Hijaunya taman ini yang menjadikan Taman Sri Deli sering dikunjungi. Di taman ini juga disediakan bangku-bangku yang bisa Anda duduki untuk bersantai sambil menikmati hijaunya taman dan semilir angin. Di sana juga terdapat banyak pohon yang menjadikan taman ini semakin rindang.

Selain untuk bersantai, biasanya pengunjung memanfaatkan Taman Sri Deli sebagai sarana olahraga seperti skate boarding, badminton, bersepeda santai, futsal, dan lari di sore hari.

Seperti tempat rekreasi lainnya, taman ini akan sangat ramai pada hari libur dan akhir pekan, seperti har Sabtu atau Minggu, dan hari-hari tertentu lainnya. Selain itu, di sana Anda juga bisa berwisata kuliner yang banyak pilihannya. Anda hanya perlu untuk menyiapkan budget saja karena di sana banyak para pedagang yang berjualan.

Selain itu, Taman Sri Deli juga memiliki beberapa fasilitas selain bangku untuk bersantai, fasilitas lainnya yaitu ada toilet, dan tempat sampah. Meski tidak begitu lengkap, tapi setidaknya kedua fasilitas wajib tersebut sudah ada. Sebenarya, medan masih memiliki banyak keindahan alam yang bisa anda jelajahi, pulau ini memang memiliki berbagai obyek wisata yang bisa menyejukkan mata. 


Tag Terkait :


by Dina nissa

Share :